Radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari - 16 April 2011 - My Physics Class
Saturday, 03 Dec 2016, 11:41 PM
MY PHYSICS CLASS
Welcome Guest | RSS
Site menu
Section categories
Tugas Kelompok [1]
Tugas Individu [0]
Remidi Online [0]
Quiz Online [0]
Module Materi Fisika [44]
Module Soal Fisika [3]
Student's Site
Geo Counter
widgeo.net
My Visitors
Powered by MyPagerank.Net
Our poll
Tampilan web ini bagaimana?
Total of answers: 118
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Login form
Lencana Facebook
Neny Else | Buat Lencana Anda
Main » 2011 » April » 16 » Radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari
10:49 PM
Radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari

Manfaat radioaktif dalam berbagai bidang kehidupan telah dikembangkan untuk kepentingan manusia, di antaranya adalah bidang kesehatan dan bidang kedokteran. Dengan mengetahui sifat-sifat radioisotop dan sinar radiasi yang dipancarkan maka akan dapat ditemukan kegunaannya di berbagai bidang. Penggunaan radiaktif isotop diantaranya adalah;

  1. Kegunaan di bidang kedokteran

Isotop Na-24 di dalam Natrium Clorida(NaCl) digunakan untuk meneliti peredaran darah di dalam tubuh manusia. Selain itu juga ada Isotop I-131 yang mana digunakan untuk melihat cara kerja getah tiroid yang ada di dalam kelenjar gondok. Tidak hanya itu, ada juga Isotop dari Fe-59 yang di gunakan untuk menlihat kecepatan produksi sel darah merah di dalam tubuh seseorang.

Radioisotop juga bisa berfungsi sebagai sumber radiasi yang bisa digunakan untuk terapi penyakit kanker. Terapi kanker tersebut dilakukan dengan menggunakan radiosotop Co-60.

  1. Kegunaan di bidang biologi

Isotop C-14 dan juga Isotop O-17 saat ini digunakan untuk mengamati proses fotosintesis pada tanaman, Selain itu, Radioisotop dari Natrium dan juga Kalium digunakan dalam penelitian permeabilitas selaput sel.

  1. Kegunaan di bidang pertanian

Radiositop juga berperan penting di dalam bidang pertanian. Isotop P-32 digunakan untuk mengetahui cara pemupukan yang sesuai pada tanaman tertentu. Selain itu, Isotop tsb juga digunakan untuk mengetahui kapan umur tanaman yang baik dan siap diberikan pupuk.

Selain itu, fungsi radiasi unsur radioaktif juga berguna untuk:

  • memberantas hama penyakit dengan mengurangi populasi serangga dengan membuat serangga jantan mandul.
  • Mendapatkan bibit tanaan unggul
  • Mengawetkan hasil pertanian seperti bawang dan lobak agar tidak bertunas saat disimpan,
  1. Kegunaan di bidang arkeolog

Bagi para arkeolog, Radioisotop dari C-14 digunakan sebagai peruntut untuk mengetahui berapa usia dari fosil yang ditemukan. Umur tanah, dan batuan juga bisa diketahui dengan bantuan unsur radioaktif.

  1. Kegunaan di bidang Kimia

Di dalam laboratorium, radioisotop digunakan dalam beberapa reaksi kimia. Dalam reaksi esterifikasi yang membentuk ester dari asam karboksilat dan alkohol. Selain itu digunakan juga pada reaksi fotosintesis di dalam laboratorium menggunakan radioisotop O-18.

  1. Dalam bidang Industri
sponsored links

Sinar radiasi juga sangat penting di dalam dunia produksi industri. Sinar radioisotop yang mampu menembus logam padat dan membuat plat film jadi hitam digunakan untuk mendeteksi apakah ada keretakan dan juga mengukur ketebalan pada benda-benda padat. Kongkritnya, radioisotop digunakan untuk:

  • Mengukur ketebalan kaca
  • Menguji kepadatan benda tanpa merusak benda tersebut
  • Mengukur ketebalan kertas
  • Menjaga produksi timah dalam pembuatan kaleng
  • Mengawetkan benda-benda dari kayu seperti kerajinan tangan
  • Untuk mengukur efektifitas oli dan aditif pada mesin
  1. Dalam bidang Hidrologi

Raadioisotop juga di gunakan untuk melihat endapan lumpur di sungai dan danau tertentu. Dengan begitu akan diketahui kapan dan dititik mana perlu dilakukan pengendapan pada sungai atau danau tertentu. Selain itu, pemanfaatan dalam bidang hidrologi adalah berguna untuk mengetahui kecepatan aliran sungai, serta mendeteksi apakah ada kebocoran pada pipa air bawah tanah.

Baca juga : Manfaat radioisotop

Bahaya zat Radioaktif

Unsur radioaktif yang mampu secara spontan memancarkan sinar radiasi ini ternyata tidak hanya memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, namun juga memberikan resiko yang berbahaya bagi tubuh manusia. Efek radiasi dari zat radioaktif ini memberikan dampak negatif pada organ-organ tubuh kita yang sensitif seperti mata, fungsi reproduksi, tulang belakang. Akibat yang dapat ditimbulkan dari sinar radioaktif ini adalah:

  • Terjadi kerusakan genetis. Bisa membuat kemandulan pada sistem reproduksi atau terjadi keainan pada keturunannya seperti cacat.
  • Kerusakan lensa mata seperti katarak.
  • Resiko kanker darah atau biasa disebut leukimia
  • Terjadi kerusakan kulir atau sarcoma
  • Kerusakan pada sistem syaraf.
  • Kerusakan pada sel pembentuk sel darah merah

Radioaktif memang berguna dan membantu efektifitas pekerjaan manusia di berbagai bidang. Banyak peranan yang di berikan sinar radioaktif untuk melakukan pekerjaan yang mana inderawi manusia tidak mampu menjangkaunya, seperti peranan sinar X, mengetahui kebocoran pipa di bawah tanah, dsb. Namun sinar radiasi yang dipancarkan secara alamiah oleh unsur-unsur tertentu tersebut nyatanya juga memberikan dampak buruk bagi kesehatan organ vital seseorang. Oleh karena itu kita perlu menghindarkan diri dari sinar radioaktif yang berlebihan dan menggunakan secara bijak dan seimbang agar manfaat yang di dapat lebih besar dari bahayanya.

Category: Module Materi Fisika | Views: 10961 | Added by: neny | Tags: kehidupan sehari-hari, radioaktivitas | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:
Search
Save as PDF
Translate This Web
Clock
Calendar
«  April 2011  »
SuMoTuWeThFrSa
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Entries archive
My Slide Boom
Yahoo PingBox
My Personal Site

My Physics Web Blog ¦ Media Pembelajaran Interaktif ¦ Physics Class ¦ About Me ¦
My Best Friends

Blog Aries Smadda ¦ Web Aries Smadda ¦ Mazguru ¦ Heru Suseno ¦ Web Teteh TienKa ¦ Blog Teteh TienKa ¦ Web IKetutSamudra ¦ Blog IKetutSamudra ¦
Mutiara Kata
Copyright Neny Else © 2016